Review : Maryamah Karpov

4:39 PM Posted In Edit This 0 Comments »

Pengarang : Andrea Hirata
Penyunting : Iman Risdiyanto
Cover : Andreas Kusumahadi
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Cetakan Pertama : November 2008
Halaman/Bab : xii + 504 halaman / 73 Bab
ISBN :978-979-1227-45-2
Harga : Rp. 79.000,00 + discount 10%

Hari kemarin tepatnya tanggal 28 November 2008, novel yang ditunggu tunggu pengemarnya yaitu Novel terakhir dari tetralogi Laskar Pelangi sudah terbit. Maryamah Karpov judulnya dengan sub judul ‘Mimpi-Mimpi Lintang’.

Ringkasan :
Dari judulnya Maryamah Karpov tentu kita akan bertanya tanya siapa dia ?tak lain dia adalah mak cik maryamah , yang di novel sang pemimpi dia adalah seorang ibu dengan anaknya yang suka sekali maen biola dan diceritakan ditolong arai dan ikal dengan merintis bisnis kue. Seperti kebiasaaan orang melayu , suka sekali memberi gelar belakang kepada nama seseorang, yang gelarnya disesuaikan dengan kondisi , keadaan, kejadian yang terkenang oleh orang orang melayu itu, disini kita akan menemui nama nama unik dan lucu, seperti Kamsir si buta dari goa hantu, Munawir berita buruk, Mahmud Corong, Syamsiar Bond, Nur Gundala Putra Petir, Rustam simpan pinjam, Muharram Ini Budi, dsb.

Makcik maryamah mendapat gelar karpov , karena makcik maryamah sering mengajarkan langkah langkah karpov kepada orang yang main catur, walau menjadi judul inti novel ini, tapi makcik maryamah hanya disinggung sedikit aja, dan tidak dijadikan bab khusus , seperti sub judul ‘Mimpi-mimpi lintang’.

Secara garis besar Novel ini menceritakan tentang perempuan dari satu sudut yang amat jarang diekspos seperti dalam postingan dulu, yaitu menceritakan tentang Dokter gigi Budi Ardiaz Tanuwijaya yang ditugaskan di Belitong, Bagaimana Ikal lulus ujian desertasi, Perjalanan takdir kehidupaan Arai si simpai keramat, sampai perjalanan mengarungi lautan mencari si kuku cantik A ling.

Beberapa Bocoran kisah di Novel ini yang mungkin ditunggu tunggu oleh penggemarnya (beberapa sengaja disensor supaya membuat rasa ingin tau)

1. Nama belakang ikal yaitu hirata , klo diucapkan cepat sekali berulang ulang artinya [Baca sendiri ya], dimana nama belakang itu pemberian ibunya, supaya ikal ingat [Baca sendiri ya].

2. Arai ketemu dengan Zaskiah Nurmala dan menikah dengannya lalu memboyong sang kekasih ke Luar negeri untuk menemani Arai melanjutkan kuliah.

3. Bang Zaitun sang suhu Cinta Arai ubah haluan dari penyanyi menjadi [Baca sendiri ya]

4. Ikal membuat sendiri kapal untuk mengarungi lautan mencari A ling

5. Sebelas Personel Laskar Pelangi muncul di novel ini tuk membantu membuat kapal

6. Lintang membuat Dalil lintang yang berisi tentang rumus matematika fisika:thumbup:

7. Ikal dan teman-teman laskar Pelangi akan menaikan kapal yang karam ke atas dari dasar air dengan dalil lintang:thumbup:

8. Mimpi-mimpi Lintang adalah nama kapal yang dibuat Ikal. ( nah pasti dah salah sangka khan ?? )

9. Ikal Bersama Mahar dan dua awak kapal mengarungi lautan mencari A ling

10. Dengan bantuan Tuk bayan Tula yang disogok Mahar dengan [Baca sendiri ya] akhirnya Ikal berhasil menemukan A ling

11. Ikal ternyata punya trauma masa kecil waktu di bius saat khitan ,sehingga saat sakit gigi ikal bersikeras untuk tidak pergi ke dokter gigi Budi Ardiaz Tanuwijaya.

12. Ikal melamar Aling tetapi …….[Baca sendiri ya]

13. Bunga Seroja itu lagu yang direquestkan ikal untuk A ling ( itu mengapa alasan novel ini ditunda menunggu pembuatan film Laskar Pelangi selesai )

udah ah bocorannya …. , baca sendiri aja biar jelas.


Kesimpulan

Dalam Novel ini seperti biasa , Andrea agak mengkaburkan masalah waktu, sehingga kadang alurnya tidak jelas , tetapi itu bukanlah kelemahan, malah saya anggap itu ciri khas Andrea hirata karena memang novel novel sebelumnya begitu juga. kalo boleh saya menilai dari tetralogi novel ini, untuk Laskar Pelangi saya menilai 8.5, Sang Pemimpi 9, edensor 8 dan Maryamah Karpov ini 8.5. Saya lebih suka Sang Pemimpi karena menurut saya , Andrea lebih realistis dalam menulis novel tersebut (kecuali soal kuda dan jimbron ) dan ceritanya benar benar mengena di hati, terutama saat Penerimaan raport si Ikal yang turun nilainya drastis

0 kommend . .: